Bantuan dan Pembinaan untuk Panti Pijat Tunanetra di Jakarta

Sebanyak 35 panti pijat tunanetra di wilayah Jakarta Selatan akan mendapatkan bantuan dari Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan. Bantuan diberikan agar panti pijat tunanetra dapat bertahan dan mampu bersaing dengan panti pijat pada umumnya.

"Panti pijat tunanetra yang akan diberikan bantuan adalah panti pijat yang paling aktif, aktif dalam artian banyak pengunjung," kata Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitas Sudinsos Jakarta Selatan Miftahul Huda melalui pesan singkat, Jumat (23/8/2013).

Miftahul mengatakan, bantuan yang akan diberikan pada akhir Agustus nanti berupa jam bicara, sprei, dan kipas angin. Jam bicara adalah jam yang dapat bicara. Jam itu akan mengelurkan suara yang menunjukkan waktu saat itu, misalnya pukul 01.00. Saat ini, mayoritas panti pijat tunanetra di wilayah Jakarta Selatan berada di Pasar Minggu dan Tebet.

Hidup dengan keterbatasan daya penglihatan, tidak membuat para tuna netra patah semangat. Sudin Sosial Jakarta Selatan pun mencoba memfasilitasi keahlian memijat para tuna netra di Jakarta Selatan dengan terus melakukan pelatihan dan pembinaan. Dengan pembinaan itu diharapkan para tuna netra bisa profesional dalam menjalankan bisnis pijatnya.

"Di Jakarta Selatan dari pendataan untuk panti pijat tuna netra yang terdaftar ada 35 panti. Tahun ini kita akan bantu pembinaan serta barang-barang untuk 20 panti," ujar Abdurahman Anwar, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Sabtu (24/8).

Menurut Abdurahman, akan ada pelatihan untuk manajemen bisnis bagi panti pijat tuna netra. Karena selama ini, para penyandang disabilitas kerap tidak bisa memperbaiki ekonominya sebab tidak memiliki ilmu manajemen dalam bisnisnya. "Pengelolaan uang, dan tempat panti pijatnya belum tertata dengan baik. Makanya kita akan beri pelatihan manajemen," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Rehabilitasi Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Miftahul Huda mengatakan, 20 panti itu juga akan diberikan bantuan beberapa macam barang. Panti pijat tunanetra yang akan diberikan bantuan adalah panti pijat yang paling aktif. "Aktif dalam artian jumlah pengunjung. Bila pengunjungnya banyak maka peluang mendapatkan bantuan akan semakin tinggi," katanya.

Beberapa bantuan yang akan diberikan di antaranya jam bicara. Bantuan lainnya yang diberikan adalah sprei dan kipas angin. "Untuk wilayah yang paling banyak didapati tempat panti pijat tuna netra di antaranya di Pasar Minggu dan Tebet," tandasnya.

Diambil dari beberapa sumber.

Kira-kira di Jogja ada atau tidak ya?

1 komentar:

  1. Mohon promosikan saya
    Nama Saya: Sunito
    Ahli pijat tunanetra
    Telp.081328327439 Demangan Jogjakarta
    Saya bisa dipanggil untuk pijit kebugaran jasmani.
    Silakan Telpon.
    Maaf dan terimakasih

    BalasHapus